Pertanyaan dan Jawaban simpel tentang AMD Versi Raven Ridge dan Ryzen Ridge


FAQ (Pertanyaan Yang Sering Diajukan) tentang AMD Ryzen Raven Ridge dan AMD Ryzen Pinnacle Ridge (Versi Jawaban Simpel)

Berikut adalah FAQ (Pertanyaan Yang Sering Diajukan) tentang:
AMD Raven Ridge: Ryzen 3 2200G, Ryzen 5 2400G
AMD Ryzen Pinnacle Ridge: Ryzen 5 2600, Ryzen 5 2600X, Ryzen 7 2700X

Untuk Pertanyaan Umum

Q: Saya ingin merakit PC berbasis AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge, Bagaimana cara memilih Motherboard AM4 yang baik?
A: Kondisikan sesuai selera Merk, tipe, dan kondisi bajet masing-masing, jika memang punya bajet maksimal untuk Motherboard itu silahkan tinggal pilih tanpa ragu, setiap produk punya keunggulan masing-masing.

Q: Saya ingin merakit PC atau ingin upgrade ke AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge, Apakah saya bisa memilih motherboard AM4 dengan Chipset sebelumnya seperti chipset B350 dan X370?
A: Tentu saja bisa, dengan catatan Update Bios dahulu ke Agesa versi terbaru dengan Ryzen gen1, atau dengan membeli Motherboard B350 dan X370 yang sudah support Ryzen 2 ready.

Q: Bagaimana cara memilih RAM DDR4 dengan merk dan spesifikasi yang tepat untuk AMD Ryzen Raven Ridge dan Ryzen Pinnacle Ridge?
A: Bisa dilihat di situs resmi tipe Motherboardnya, biasanya menyediakan opsi merk memory dan tipe apa saja yang sudah support optimal.. atau bisa juga dengan mengikuti mayoritas yang orang-orang pakai.

Q: Maksimal GPU Card apakah yang cocok untuk di sandingkan dengan Ryzen Raven Ridge?
A: Maksimal bisa di sandingkan dengan kelas RX 580 8 Gb untuk Ryzen 3 2200G, sampai RX 590 8Gb untuk Ryzen 5 2400G tanpa mengurangi esensi performanya dan juga tidak akan Botlleneck.

Q: Maksimal GPU Card apakah yang cocok untuk di sandingkan dengan Ryzen Pinnacle Ridge?
A: Untuk Ryzen Pinnacle Ridge kelas 6 Core dan kelas 8 Core adalah prosesor kelas High end mainstream yang tentu saja bisa mengangkat GPU Card sekelas RX Vega 56 dan RX Vega 64, atau kasta paling tertingginya dari produk lain yaitu RTX 2080 Ti.

Q: Bagaimana cara memilih PSU (Power Supply Unit) yang baik untuk Ryzen Raven Ridge dan Ryzen Pinnacle Ridge?
A: Pilihlah merk yang menurutmu benar-benar yakin dan sudah di pakai oleh banyak user, dan pastikan bahwa user-user itu sudah percaya dan nyaman dengan PSU merk itu.

Q: Cara memilih monitor yang baik dengan bajet sekian! untuk Ryzen Raven Ridge dengan Radeon Vega Graphics atau Radeon RX dan Ryzen Pinnacle Ridge dengan Radeon RX bagaimana?
A: Di sarankan pilihlah monitor yang sudah support AMD Freesync, untuk yang ingin tahu monitor apa saja yang sudah support bisa dilihat di link ini, https://www.amd.com/en/products/freesync-monitors, pastikan produknya sudah ada di pasaran indonesia.

Untuk Pertanyaan Umum Secara Teknikal

Q: Mengapa pada saat saya baru rakit PC berbasis AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge monitornya Black Screen? tetapi komponen dan Fan menyala, padahal semua komponen sudah terpasang dengan baik!
A: Bisa jadi ada pemasangan komponen yang tidak tepat sesuai prosedur dan kurang benar, sehingga bisa terjadi grounding di dalam casing, atau bisa saja salah pasang posisi RAM-nya, jika Motherboard-nya ada 4 Dimm Slot pasang RAM-nya di Slot A2, B2, atau pasang dulu 1 RAM di Slot A2.

Q: Mengapa PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge saya sulit untuk di Overclock RAM-nya ke clock speed 3200Mhz? ketika saya OC ke Clock speed itu maka akan selalu terjadi Blue Screen, padahal secara spesifikasi RAM, Motherboard dan Prosesor support, Kira-kira apa solusinya?
A: Pakai speed default dahulu komponen RAM-nya memalui Bios, lalu segera update Bios ke Agesa versi terbaru dari website resmi vendornya agar bisa membantu sistem lebih stabil.

Q: Mengapa PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge saya selalu terjadi Blue Screen? bahkan selalu nge-restart terus menerus sehingga mengharuskan saya untuk me reset Sistem Operasi yang saya pakai?
A: Untuk produk AMD Ryzen Raven Ridge dan Ryzen Pinnacle Ridge mengharuskan wajib memakai Windows 10 minimal versi 1709, agar tidak selalu terjadi gagal booting, karena AMD Ryzen saat ini telah di optimalkan dengan sistem operasi Windows 10 versi 1709 keatas.

Q: Saya ingin update driver radeon Crimson versi terbaru untuk IGP AMD Ryzen Raven Ridge atau untuk Radeon RX, kira-kira lebih baik auto update lewat Radeon settings atau download lewat website resmi AMD?
A: Untuk update driver Radeon crimson versi terbaru disarankan update driver secara manual melalui website AMD-nya, bisa kunjungi website resmi AMD di link berikut https://www.amd.com/en/support.

Q: PC Saya Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge akhir-akhir ini sering terjadi Bsod dengan sendirinya ketika sedang memakai suatu aplikasi yang lumayan berat, seperti media editing atau gaming, padahal sebelumnya tidak seperti itu, kira-kira apa masalahnya?
A: Cek kembali intruksi info Bsod yang di berikan windows, kira-kira apa yang menjadikan itu terjadi Bsod.. jika meng OC RAM turunkan Clock speed RAM secara perlahan 1 step berdasarkan kecepatan yang terbaca melalu Bios dan Motherboardnya, dan untuk timing Ram di sarankan set ke auto dahulu.

Q: Saya sedang menggunakan aplikasi di PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Pinnacle Ridge, lalu sudah mencoba Overclock RAM ke 3200Mhz terkadang suka crash jika memakai aplikasi hingga sedang gaming, lalu ketika menurunkan ke clock speed di bawah 3200Mhz maka sistem akan stabil, sedangkan RAM dan Motheboard-nya sudah mendukung untuk Clockspeed 3200Mhz? Kira-kira apa solusinya?
A: Untuk pengguna yang baru saja meng Overclock RAM-nya di sarankan untuk menggunakan clock speed default terlebih dahulu, lalu cobalah untuk meng-update Bios AGESA ke versi terbaru atau terakhir vendor rilis di website resmi Motherboard-nya, setelah itu cobalah Overclock kembali RAM-nya.

Q: Saya baru saja rakit PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Pinnacle Ridge, lalu melihat clock speed RAM-nya di Bios, mengapa closkspeed-nya hanya terbaca 2666Mhz? Sedangkan speed default RAM-nya saja sudah support mencapai 3200Mhz dan Motherboardnya sudah mendukung..
A: Untuk RAM-nya jika ingin terbaca 3200Mhz mengharuskan aktifkan XMP (Extreme Memory Profile) terlebih dahulu agar bisa ke mode Overclock 3000-3200Mhz, untuk produk motherboard Asus mengharuskan mengaktifkan mode D.O.C.P (Direct Over Clock Profile) terlebih dahulu agar Overcloking-nya bisa berjalan optimal

Q: Saya Pakai PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge dan sudah memakai Motherboard dengan chipset B450 dengan SSD dan HDD, lalu saya ngin memakai fitur AMD StoreMI, lalu untuk Operasi Sistemnya saya harus instal dimana agar aman? Harus instal OS di SSD atau HDD?
A: Di sarankan untuk menginstalnya di HDD, untuk penjelasan lengkapnya bisa membaca artikel berikut http://www.amd-id.com/2018/08/amd-storemi-solusi-gratis-ciptakan-storage-besar-secepat-ssd-pada-sistem-berbasis-ryzen-2nd-gen/

FAQ (Pertanyaan Yang Sering Diajukan) tentang AMD Ryzen Raven Ridge dan AMD Ryzen Pinnacle Ridge (Dengan Jawaban Secara Lengkap)

Berikut adalah FAQ (Pertanyaan Yang Sering Diajukan) tentang:
AMD Raven Ridge: Ryzen 3 2200G, Ryzen 5 2400G
AMD Ryzen Pinnacle Ridge: Ryzen 5 2600, Ryzen 5 2600X, Ryzen 7 2700X

Untuk Pertanyaan Umum

Q: Saya ingin merakit PC berbasis AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge, Bagaimana cara memilih Motherboard yang baik?
A: Kita semua tahu kalau Ryzen Raven Ridge di luncurkan setelah Ryzen Summit Ridge atau kita sebut sebagai Ryzen Gen1, Ryzen Raven Ridge di luncurkan tepat berbarengan dengan para vendor motherboard seperti Asus, Asrock, Gigabyte, dan MSI untuk platform AM4 yang telah menghadirkan chipset baru yaitu B450 dan X470, chipset terbaru ini di sediakan oleh AMD dan Vendor Motherboard untuk lebih mengoptimalisasi dan memberikan fitur yang lebih berlimpah untuk kebutuhan usernya, seperti fitur AMD SenseMI Technology, AMD StoreMI, XFR2 (Auto Overclocking) contohnya, tersedia juga Motherboard AM4 untuk chipset A320 ini adalah chipset low end bagi casual user atau hanya untuk pengguna biasa, tidak disarankan untuk memilih motherboard ini untuk pengguna Ryzen 6 core dan Ryzen 8 core, dalam hal ini kita menyarankan untuk memilih moherboard minimal chipset B450, tentu saja menyesuaikan kondisi bajet masing-masing pengguna dan lebih menyukai merk dari brand mana.. itu adalah keputusan user, akan lebih baik jika memilih chipset X470 karena fiturnya lebih lengkap dan tentu saja akan lebih baik untuk pengguna Ryzen Pinnacle Ridge ( Ryzen 6 Core dan Ryzen 8 Core).

Q: Saya ingin merakit PC atau ingin upgrade ke AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge, Apakah saya bisa memilih motherboard AM4 dengan Chipset sebelumnya seperti chipset B350 dan X370?
A: Untuk pertanyaan seperti ini ada 2 point yang harus di teliti,
Pertama: Untuk pengguna Ryzen Gen1 (Summit Ridge), AMD masih memberikan kesempatan bagi usernya yang ingin upgrade prosesornya ke Ryzen generasi 2 (Raven Ridge dan Pinnacle Ridge), yaitu dengan cara upgrade Bios ke versi AGESA terbaru atau versi yang terakhir vendor release, User tentu bisa mengunjungi situs resmi brand dari masing-masing tipe Motherboard-nya untuk bisa upgrade ke Bios versi terbaru, tentu saja dengan menggunakan Ryzen Gen1 dahulu untuk meng-upgrade Biosnya, lalu otomatis bisa menjalankan produk Ryzen gen2.
Kedua: Untuk pengguna baru yang ingin rakit ke Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge tetapi ingin menggunakan Motherboard dengan chipset B350/X370, jika ingin membelinya di salah satu retail online atau toko fisik tanyakan dulu ke penjual, Apakah motherboard ini sudah support dan berlabel Ryzen 2 ready? Jika iya maka motherboard itu bisa di sandingkan dengan Ryzen 2 saat ini, Karena jika tidak Ryzen 2 ready dan sudah terlanjur beli mau tidak mau harus minta tolong ke penjual atau toko, atau seorang teman untuk meng-upgrade bios-nya dengan prosesor Ryzen Gen1 jika si penjual dan teman mempunyai opsi komponennya. mengapa demikian? Karena waktu produksi motherboard awal hingga produksi akhir itu berbeda, Produksi motherboard awal dengan chipset B350/X370 itu belom dirancang untuk support Ryzen 2 saat ini, sehingga mengharuskan usernya yang inisiatif untuk upgrade Bios-nya ke AGESA versi terbaru seperti point pertama tadi. Untuk produksi motherboard akhir dengan chipset B350/X370 maka disini yang inisiatif adalah dari vendor motherboardnya sendiri yang sudah menggunakan Bios AGESA versi terakhir saat produksinya. Karena itulah Motherboard sebelumnya dengan chipset B350/X370 sudah di labeli dengan Ryzen 2 ready oleh vendornya.

Q: Bagaimana cara memilih RAM DDR4 dengan merk dan spesifikasi yang tepat untuk AMD Ryzen Raven Ridge dan Ryzen Pinnacle Ridge?
A: Untuk bisa memilih RAM DDR4 yang baik dengan merk dan spesifikasi yang tepat sesuai kebutuhan, bisa mencari referensi dari situs resmi vendor Motherboard sesuai tipe dan merk motherboardnya, biasanya situs resmi vendor Moterboard menyediakan opsi merk RAM dan spesifikasi apa saja yang optimal dan bisa di gunakan dengan Prosesor Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge, atau bisa juga bisa melihat opsi melalui review-review media lokal maupun media luar negeri, mau berupa artikel atau video youtube, mereka pakai merk Ram apa saja.. itu tentu saja bisa di jadikan referensi jika ingin memilih Ram yang baik. Tidak lupa untuk RAM ini wajib Dual channel alias Dual Dimm, atau dua keping RAM dengan merk yang sama dan spesifikasi yang sama agar performa AMD Ryzen Pinnacle Ridge dan Ryzen Raven Ridge lebih optimal, terutama untuk Ryzen Raven Ridge yang punya IGP (Integrated Graphics Processor) Radeon Vega Graphics, Perofrma IGP-nya akan semakin baik jika memasang RAM Dual Channel.

Q: Maksimal GPU Card apakah yang cocok untuk di sandingkan dengan Ryzen Raven Ridge?
A: Untuk produk Ryzen Raven Ridge kususnya Ryzen 3 2200G maksimal bisa angkat GPU Card sekelas RX 580 8Gb, tanpa mengurangi esensi performa dari RX 580-nya karena Bottleneck, Jadi Ryzen Raven Ridge 4 Core 4 Thread tidak akan Bottleneck jika di sandingkan GPU Card sekelas RX 580 8Gb dan tetap memberikan performa optimal, hal ini juga berlaku untuk Ryzen 5 2400G yang sudah 4 Core 8 Thread yang bisa mengangkat sampai kelas RX 590 8Gb. Tentu saja menyesuaikan kondisi bajet masing-masing user, ada opsi pilihan lain untuk di bawahnya, yaitu: RX 570, RX 560, dan RX 550, Asalkan jangan lebih dari kelas RX 580 kususnya Ryzen 3 2200G.

Q: Maksimal GPU Card apakah yang cocok untuk di sandingkan dengan Ryzen Pinnacle Ridge?
A: Kita semua mungkin cukup tahu performa prosesor High end mainstream dari Ryzen 6 Core 12 Thread dan Ryzen 8 Core 16 Thread, Maka GPU Card yang cocok untuk di sandingkan adalah yang performa-nya sekelas RX Vega 56 untuk Ryzen 6 Core, dan RX Vega 64 untuk Ryzen 8 Core, lebih dari itu? Tentu saja bisa, sesuaikan dengan bajet dan selera masing-masing.

Q: Bagaimana cara memilih PSU (Power Supply Unit) yang baik untuk Ryzen Raven Ridge dan Ryzen Pinnacle Ridge?
A: Ini adalah pertanyaan yang umum sekali dan sering di perdebatkan oleh para enthusias hardware, cara memilih PSU yang baik yang sebenarnya adalah pilih yang benar-benar menurut mu yakin, dari mana yakinnya? Ada beberapa point supaya user bisa memilih opsi yang lebih luas!
1. Opsi pertama bisa cek seberapa banyak orang yang memakai PSU merk tersebut, hal ini menandakan seberapa percayanya seseorang memakai PSU tersebut dengan merk itu.
2. Pilih Merk PSU yang cukup sedikit kasus RMA-nya (Return Merchandise Authorization) alias pengembalian barang dan di ganti dengan yang baru, semakin sedikit kasus RMA maka merk PSU tersebut itu adalah baik? Belom tentu, hal ini masih random dan tergantung seberapa extreme-nya pemakaian mu nantinya.
3. Jika banyak kasus RMA PSU menandakan bahwa PSU itu tidak baik? Yang ini juga belom tentu, jika cukup banyak kasus RMA berarti menandakan bahwa cukup banyak orang yang memakai produk PSU merk itu.
4. Lalu harus pilih mana dan merk apa yang baik? Sudah di jelaskan kalau itu adalah soal keyakinan dan persespsi di setiap orang terutama buat yang mengerti soal komponen hardware.
5. Untuk poin terakhir ini adalah yang paling utama, sesuaikan dengan kondisi bajet dan kebutuhan masing-masing.

Q: Cara memilih monitor yang baik dengan bajet sekian! untuk Ryzen Raven Ridge dengan Radeon Vega Graphics atau Radeon RX dan Ryzen Pinnacle Ridge dengan Radeon RX bagaimana?
A: Untuk memilih produk monitor yang baik usahakan fitur dan fungsinya bisa sejalan dengan komponen hardware yang lain, seperti produk monitor yang fiturnya sajalan dengan GPU Card Radeon RX 570 dan RX 580 misalnya, yaitu pilih produk monitor yang support AMD Freesync, mengapa? Karena AMD Freesync bisa mengurangi Lag dan Screen tearing secara massive di dalam game, memungkinkan bisa memainkan game dengan lebih smooth dan mulus di banding monitor tanpa Freesync, untuk harga monitor yang sudah support AMD Freesync saat ini sudah lebih terjangkau kok. Untuk melihat monitor apa saja yang sudah Support AMD Freesync bisa dlihat di link ini https://www.amd.com/en/products/freesync-monitors, pastikan produknya sudah ada di pasaran indonesia.

Untuk Pertanyaan Umum Secara Teknikal

Q: Mengapa pada saat saya baru rakit PC berbasis AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge monitornya Black Screen? tetapi komponen dan Fan menyala, padahal semua komponen sudah terpasang dengan baik!
A: Untuk pertanyaan ini biasanya sangat umum dan jika ada yang bertanya seperti ini rata-rata adalah orang yang baru pertama kali merakit PC berbasis AMD Ryzen, ada beberapa point yang harus di perhatikan sebelum merakit PC AMD Ryzen:
Pertama: sebelum memasang part komponen PC ke dalam casing pahami dahulu berbagai macam bentuk part komponennya, dan komponen apa yang layak pertama kali harus di pasang ke dalam casing! Agar bisa mencegah grounding pada komponen..
1. Pasang dahulu motherboard AM4 ke dalam case sesuai bentuk dan desain casing yang di miliki, lalu kencangkan dengan mur atau baut sesuai titik letak mur-nya dengan baik.
2. Pasang power supply dan kencangkan dengan baut, lalu manajemen kan dan rapihkan kabel PSU agar terlihat rapih agar kabel-kabel PSU tidak terlihat sembraut.
3. Buka kunci atau klip socket prosesor pada moherboard AM4 (Jika opsi mendukung), Pasang dan letakan prosesosr AMD Raven Ridge atau Pinnacle Ridge ke dalam socket, lalu kunci prosesor dengan klip socket tadi.
4. Colokan kabel PSU 24 pin ke Motherboard dan pastikan tidak kendor dan terpasang dengan rapat.
5. Colokan Kabel PSU 4+4 (8 pin) ke dekat socket, pastikan terpasang rapat.
6. Pasang HDD ke dalam slot HDD yang ada di dalam case-nya, atau SSD SATA jika yang memakai, ataupun SSD M.2 Nvme. lalu colokang kabel SATA ke motherboard dan ke HDD, jangan lupa untuk menyolokan Kabel SATA power dari PSU-nya supaya HDD mendapat asupan daya yang cukup.
7. Pasang Themal Pasta ke CPU Ryzen Raven Ridge-nya, pastikan memberikan pastanya dengan teknik menyilang lalu membentuk bujur sangkar, lalu pasang HSF atau Cooler dan jangan lupa kencangkan dengan baut atau kunci klip (tergantung jenis HSF yang di pakai), pemesangan cooler jangan miring atau bengkok, usahakan sejajar sesuai bentuknya dan terpasang dengan baik.
8. Untuk pemasangan RAM, untuk pemasangan RAM ini kudu ekstra berhati-hati dalam memasangnya, Jika motherboardnya ada 4 Dimm dan ingin memasang Ram dua keping lias dual channel, pastikan teknik pemasangannya adalah di slot A2, B2, karena desain slot 4 dimm adalah A1, A2, B1, B2. Meskipun ada beberapa Motherboard AM4 B350/B450 yang hanya menyediakan 2 Dimm slot, terutama untuk yang chipset A320. Pastikan memasang RAM-nya tekan dari ujung atas, jika dari ujung atas sudah masuk maka tekan yang bawah hingga RAM terkunci dengan sendirinya dengan Dimm slot.
9. Lalu colok 4 kabel Front Panel Power Switch dari Casingnya ke Motherboard yang terletak paling bawah, ini agak sedikit rumit dan butuh ketelitian, pastikan terpasang sesuai dengan nama dan tipe kabelnya, dan juga pasang kabel USB by casing, dan juga colok speaker Motherboard kecil jika tersedia, agar PC bisa memberikan sinyal beep beep jika ada masalah.
10. Yang terakhir adalah pasang GPU Card ke PCI Express dan pastikan sudah mencolok Power pin tambahan by PSU jika ada, karena komponen GPU card ini adalah bisa menjadi komponen terbesar terutama jika user memasang GPU kelas High end yang desain-nya bisa segede gaban dan lumayan bisa makan tempat di casing. Untuk pengguna Ryzen Raven Ridge tidak usah khawatir jika tidak memasang GPU Card, karena sudah ada IGP.
11. Colokan kabel monitor HDMI atau Kabel DVI ke Motherboard jika pengguna Ryzen Raven Ridge tanpa GPU Diskrit, atau colok kabel HDMI ke GPU Card, hati-hati jika memakai converter DVI to HDMI atau sebaliknya, pastikan converter beserta kabel yang lain berfungsi dengan baik. Selamat mencoba untuk opsi pertama ini.
Kedua Untuk menyelesaikan masalah Black Screen yang kedua ini bisa jadi masalahnya ada pada RAM, sudah di jelaskan pada point pertama pastikan memasang RAM-nya benar dan terpasang dengan baik, jika perlu copot kembali RAM-nya dan pasang RAM-nya hanya 1 slot dulu, yaitu slot A2, jika itu ada 4 Dimm slot.
Ketiga Pastikan RAM DDR4-nya benar-benar support dengan sistem AMD Ryzen, pastikan RAM yang kamu beli adalah keluaran terbaru dan benar-benar support dengan sistem AMD Ryzen. Atau ada logo Ryzen ready bila perlu, Akan lebih baik. Karena ada beberapa kasus yang salah dalam memilih RAM untuk sistem AMD Ryzen makan hal ini tidak bisa di tolerir.
Keempat Jika PC Ryzen Raven Ridge atau Pinnacle Ridge mu bisa masuk Bios tetapi selalu gagal jika ingin meng instal Operasi Sistem Windows, pastikan kamu membuat Bootable memalui USB dengan aplikasi Rufus versi terbaru, dan pastikan Sistem Operasi mu minimal wajib memakai Windows 10 versi 1709, agar tidak selalu terjadi gagal booting, karena AMD Ryzen di optimalkan dengan Windows 10 versi 1709 keatas.

Q: Mengapa PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge saya sulit untuk di Overclock RAM-nya ke clock speed 3200Mhz? ketika saya OC ke Clock speed itu maka akan selalu terjadi Blue Screen, padahal secara spesifikasi RAM, Motherboard dan Prosesor support, Kira-kira apa solusinya?
A: Ketika baru saja merakit PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge usahakan gunakan clock speed default terlebih dahulu, mau clock RAM atau prosesornya gunakan clock speed default, apalagi jangan meng otak-atik timing RAM jika belom mengerti betul, untuk melakukan itu usahakan stabilkan dahulu dan instal semua driver beserta chipset AMD Ryzen-nya hingga lengkap, setelah itu baru deh datang ke website vendor sesuai tipe motherboardnya untuk meng update Bios AGESA ke versi terbaru atau versi terakhir kali vendor release, agar sistem bisa menjadi lebih stabil dari sebelumnya. Baru bisa main dengan bebas Overclock RAM dan juga prosesor sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Q: Mengapa PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge saya selalu terjadi Blue Screen? bahkan selalu nge-restart terus menerus sehingga mengharuskan saya untuk me reset Sistem Operasi yang saya pakai?
A: Untuk produk AMD Ryzen Raven Ridge dan Ryzen Pinnacle Ridge mengharuskan wajib memakai Windows 10 minimal versi 1709, agar tidak selalu terjadi gagal booting, karena AMD Ryzen saat ini telah di optimalkan dengan sistem operasi Windows 10 versi 1709 keatas.

Q: Saya ingin update driver radeon Crimson versi terbaru untuk IGP AMD Ryzen Raven Ridge atau untuk Radeon RX, kira-kira lebih baik auto update lewat Radeon settings atau download lewat website resmi AMD?
A: Untuk update driver Radeon crimson versi terbaru disarankan update driver secara manual melalui website AMD-nya, karena bisa menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti terjadi blue screen atau blackscreen dalam waktu yang lama jika koneksi internet tidak stabil atau hal teknis lainnya. Oleh karena itu download lah melalui website resmi AMD di link berikut https://www.amd.com/en/support, Karena bisa menghindari hal-hal itu dan sudah ada rupanya juga dalam bentuk setup.exe driver-nya jika sewaktu-waktu nanti di butuhkan kembali.

Q: PC Saya Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge akhir-akhir ini sering terjadi Bsod dengan sendirinya ketika sedang memakai suatu aplikasi yang lumayan berat, seperti media editing atau gaming, padahal sebelumnya tidak seperti itu, kira-kira apa masalahnya?
A: Cek kembali intruksi info Bsod yang di berikan windows, kira-kira apa yang menjadikan itu terjadi Bsod.. sebelumnya apakah pernah meng Overclock RAM dengan cukup tinggi melalui bios? Atau memainkan timing Ram! Jika iya coba turunkan Clock speed Ram secara perlahan 1 step berdasarkan kecepatan yang terbaca melalu Bios dan Motherboardnya, dan untuk timing Ram di sarankan set ke auto dahulu, jika di clock speed itu stabil tanpa Bsod baru deh bisa mencari settingan yang cocok untuk timing RAM-nya, jika masih Bsod turunkan clock speed RAM hingga menemukan clockspeed yang cocok bagi motherboard dan prosoesornya.

Q: Saya sedang menggunakan aplikasi di PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Pinnacle Ridge, lalu sudah mencoba Overclock RAM ke 3200Mhz terkadang suka crash jika memakai aplikasi hingga sedang gaming, lalu ketika menurunkan ke clock speed di bawah 3200Mhz maka sistem akan stabil, sedangkan RAM dan Motheboard-nya sudah mendukung untuk Clockspeed 3200Mhz? Kira-kira apa solusinya?
A: Untuk pengguna yang baru saja meng Overclock RAM-nya di sarankan untuk menggunakan clock speed default terlebih dahulu, lalu cobalah untuk meng-update Bios AGESA ke versi terbaru atau terakhir vendor rilis di website resmi Motherboard-nya, setelah itu cobalah Overclock kembali RAM-nya.

Q: Saya baru saja rakit PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Pinnacle Ridge, lalu melihat clock speed RAM-nya di Bios, mengapa closkspeed-nya hanya terbaca 2666Mhz? Sedangkan speed default RAM-nya saja sudah support mencapai 3200Mhz dan Motherboardnya sudah mendukung...
A: Untuk RAM-nya jika ingin terbaca 3200Mhz mengharuskan aktifkan XMP (Extreme Memory Profile) terlebih dahulu agar bisa ke mode Overclock 3000-3200Mhz, untuk produk motherboard Asus mengharuskan mengaktifkan mode D.O.C.P (Direct Over Clock Profile) terlebih dahulu agar Overcloking-nya bisa berjalan optimal dan stabil. Tidak lupa pastikan Bios motherboard yang dipakai adalah versi AGESA terbaru, jika tidak segera update Bios AGESA terlebih dahulu.

Q: Saya Pakai PC AMD Ryzen Raven Ridge atau Ryzen Pinnacle Ridge dan sudah memakai Motherboard dengan chipset B450 dengan SSD dan HDD, lalu saya ngin memakai fitur AMD StoreMI, lalu untuk Operasi Sistemnya saya harus instal dimana agar aman? Harus instal OS di SSD atau HDD?
A: Untuk user AMD Ryzen yang inigin menikmati fitur AMD StoreMI pastikan instal Operasi sistemnya melalui HDD, karena yang memegang peranan terbesar untuk AMD StoreMI ini adalah HDD, sedangkan SSD berguna hanya untuk memberikan kecepatan baca dan tulis saja, sehingga menjadikan HDD dengan kapasitas besar tetapi bisa secepat SSD daya baca dan tulisnya. Untuk keterangan lebih lanjut bisa membaca artikel ini dengan cermat http://www.amd-id.com/2018/08/amd-storemi-solusi-gratis-ciptakan-storage-besar-secepat-ssd-pada-sistem-berbasis-ryzen-2nd-gen/

0 Comments:

Posting Komentar